-->
Pengertian MotherBoard - Jenis, Fungsi dan Bagian Bagian Komponennya


Motherboard (atau disebut motherboard, SystemBoard, motherboard, motherboard atau kartu motherboard) adalah papan sirkuit cetak (PCB), yang bertindak sebagai tulang punggung pada komputer, karena motherboard menyediakan konektivitas elektrik disebut bus sehingga semua komponen dan perangkat eksternal pada motherboard dapat dihubungkan.

Jenis jenis MotherBoard

Motherboard AT (Advanced Technology)
ATX (Advanced Technology Extended)
Micro-ATX
LPX (Low Profile Diperpanjang)
BTX (Teknologi Seimbang Diperpanjang)
Teknologi Informasi Mini-ITX (Extended)

Fungsi MotherBoard

Sebagai bagian wadah dan komponen untuk mengatur aliran melalui komponen listrik untuk menghindari bentrokan antara komponen pertama dengan komponen lainnya. Menjadi sebuah karya activitas jika komputasi perangkat

Komponen umumnya hadir dalam motherboard:

  1. Prosesor socket. Soket adalah di mana prosesor dipasang. CPU jenis socket menentukan apa yang dapat diinstal dalam soket. Dengan demikian, beberapa soket dapat diinstal prosesor tertentu.
  2. Slot Memori. Lokasi ini digunakan untuk memasang memori utama komputer. Jenis slot memori juga berbeda-beda tergantung pada sistem yang digunakannya.
  3. Northbridge, adalah istilah untuk komponen utama yang mengatur lalu lintas data antara prosesor dan sistem memori dengan papan utama dari saluran.
  4. Southbridge, sebutan tambahan Northbridge untuk komponen yang menghubungkan Northbridge dengan komponen atau perangkat lain.
  5. PCI Express x16, slot khusus dapat dilengkapi dengan kartu generasi VGA terbaru.
  6. Slot PCI Express x1, lokasi untuk menginstal perangkat (kartu atau kartu) selain kartu VGA.
  7. Slot AGP, slot khusus untuk kartu VGA diinstal sebelum Slot PCI Express generasi berikutnya.
  8. Slot PCI, slot umum digunakan untu memasang kartu atau kartu dengan kecepatan di bawah slot AGP dan PCI Express.
  9. BIOS (basic sistem input output). Adalah program kecil yang dimasukkan ke dalam IC ROM atau Flash memory digunakan untuk menyimpan konfigurasi motherboard.
  10. baterai CMOS, baterai khusus untuk daya BIOS.
  11. port SATA, sebuah antarmuka untuk generasi terbaru dari media penyimpanan. port SATA bisa digunakan untuk menghubungkan hard drive untuk sistem komputer.
  12. port IDE, generasi sebelumnya media penyimpanan SATA interface.
  13. Floppy Pelabuhan, digunakan untuk menghubungkan media removable atau media penyimpanan yang dapat dilepas atau floppy disk, misalnya.
  14. port daya, pelabuhan untuk daya sistem komputer.
  15. panel belakang, sekelompok port yang biasanya ditempatkan di bagian belakang kasus PC atau wadah. Pelabuhan atau colokan biasanya di bagian belakang kasus PC komputer adalah:
  16. PS / 2, untuk menghubungkan dengan mouse komputer.
  17. Port PS / 2 untuk keyboard.
  18. port paralel, untuk memasang perangkat kecepatan rendah dengan lebar delapan bit data. Biasanya digunakan untuk mengkonfigurasi generasi printer USB.
  19. Serial port yang digunakan untuk melampirkan kecepatan rendah dengan data serial perangkat modus transfer. Tapi sekarang jarang digunakan.
  20. Port SPDIF, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan periferal seperti audio home theater.
  21. pelabuhan Firewire, untuk menghubungkan perangkat eksternal seperti kecepatan tinggi capture video atau video streaming.
  22. Port RJ45, digunakan untuk menghubungkan komputer ke LAN.
  23. Port USB yang digunakan untuk antarmuka dengan perangkat eksternal atau perangkat yang menggantikan generasi baru dari port serial dan paralel.
  24. port audio, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan sistem audio seperti speaker, mikrofon, line input, dan output line.

LihatTutupKomentar